Pages - Menu

Sabtu, September 11, 2010

Lezatnya Belut Lombok Ijo di Viva's Cafe & Resto

APABIL Anda pernah melintas di Kota Gombong dan kebingungan mencari restoran, setelah membaca tulisan ini mudah-mudahan pengalaman itu tidak terulang lagi. Pasalnya, ada satu rumah makan yang layak disinggahi oleh para pecinta kuliner.



Restoran tersebut Viva's Cafe dan Resto di Jalan Yos Sudarso, tepatnya di depan lapangan Manunggal Gombong. Meski restoran ini cukup sederhana, menu yang ditawarkan cukup bisa mengundang selera. Boleh dibilang tak kalah dari restoran di hotel berbintang. Paling tidak, menurut pengakuan pemiliknya, Dwi Anto Sulistiawan, chef yang memasak sudah berpengalaman bekerja di hotel berbintang, bahkan malang-melintang menjadi juru masak di kapal pesiar.

Salah satu menu favorit di restoran yang resmi dibuka pada Juli 2010 tersebut adalah menu belut cah lombok ijo. Selama bulan Ramadan ini menu tersebut menjadi pilihan pengunjung saat berbuka puasa. Resep masakan belut cah lombok ijo memadukan cita rasa bumbu khas China dan tradisional Jawa. Rasanya gurih, asam, dan manis.

"Rasanya sulit diceritakan, karena itu baiknya langsung saja dirasakan, ujar Dwi Anto, baru-baru ini.

Cara Memasak
Cara memasaknya, belut yang telah dibersihkan kemudian digoreng hingga matang. Selanjutnya dioseng dengan bumbu seperti jahe, bawang putih, bawang merah, dan kunyit. Tambahan daun kemangi, saos tiram, kecap dan sedikit garam, gula pasir serta minyak wijen sehingga aromanya menggugah selera. Sentuhan akhir adalah ditambahkan irisan cabai hijau yang ditumis dengan sedikit minyak. Jadilah menu belut cah lombok ijo siap menggoyang lidah penggemar kuliner.

"Hmmm, makyus. Perpaduan ini menghasilkan cita rasa yang unik. Sangat cocok dengan lidah orang Jawa dan China," Ujar Dwi Anto, seraya menyebutkan makanan ini juga cocok bagi mereka yang ingin mengurangi kadar kolesterol.

Menurut Dwi anto yang didampingi istrinya, Erna Haryantim standar kualitas masakan di restorannya tak kalah dari di hotel berbintang. Meski begitu, harga yang ditawarkan cuma sekelas pedagang kaki lima. Misalnya, harga seporsi belut cah lombok ijo sangat terjangkau, yakni Rp 10.000. Selama Ramadan, tak kurang 12 kg belut dan 20 kg cabe hijau habis dalam sehari.

Selain belut, menu lain yang tak kalah lezat adalah lunjar lombok ijo, ayam lombok ijo, dan bebek lombok ijo. Bukan itu saja, aneka menu ayam, bebek, ikan, sayur, dan chinesse food seperti aneka bakmi, bihun, kwetiau spesialm kwetiauw seafood, dan capcay juga dapat menjadi pilihan di restoran itu. "Selain murah, rasanya juga nikmat. Belut lombok ijo sangat cocok bagi pecinta kuliner pedas sperti saya," Ujar Heri Pranoto (45), salah satu pengunjung.

Selain makanan, aneka minuman panas dan dingin juga tersedia. Ada pula minuman tradisional seperti wedang uwuh gula batu dan teh sirih merah gula batu.

sumber : suara merdeka

0 komentar: