Pages - Menu

Minggu, Oktober 03, 2010

Keraton Yogyakarta, Pesonanya Pikat Ribuan Wisatawan

foto Keraton Yogyakarta, Pesonanya Pikat Ribuan Wisatawan

Karaton, Keraton atau Kraton, berasal dari kata ka-ratu-an, yang berarti tempat tinggal ratu/raja. Sedang arti lebih luas, diuraikan secara sederhana, bahwa seluruh struktur dan bangunan wilayah Kraton mengandung arti berkaitan dengan pandangan hidup Jawa yang essensial, yakni Sangkan Paraning Dumadi (dari mana asalnya manusia dan kemana akhirnya manusia setelah mati).

Seperti yang terdapat di yogyakarta,berdiri sebuah keraton seluas 5 km persegi yang memiliki sejarah panjang sultan yogyakarta.keraton ini di bangun pada tahun 1755 atau 1682 dalam tauhn jawa.

"Keraton ini dibangun pada tahun 1755 atau 1682 (tahun jawa) dan didirikan oleh Hadininingrat Ngayojakarta, waktu masih muda beliau dipanggil Susono," kata Suno (58), salah seorang pemandu keraton Yogyakarta, saat ditemui HIMPALAUNAS.COM, Minggu (19/9).

Keraton yang letaknya di apit oleh dua alun-alun ini berfungsi sebagai kegiatan kenegaraan yogyakarta dan juga kegiatan-kegiatan budaya.

"Keraton ini biasanya di gunakan sebagai kegiatan kenegaraan sultan dan juga sebagai tempat pergelaran tari-tarian," lanjut suno.

Karena keindahan struktur bangunannya dan beragam kesenian yang ada didalamnya, ribuan turis pun mengunjungi keraton ini setiap bulannya, baik wisatawan asing maupun lokal.

Sekitar 4.880 wisatan asing mengunjungi kraton ini dan 14.000 wisatawan lokal memenuhi kraton selama bulan puasa.

"Selama 18 hari,sekitar 14 ribuan wisatawan lokal mengunjungi kraton ini.dan 4.880 wisatawan asing memadati tempat ini" kata Aryanti (50) salah seorang staff kraton lainnya

Ia juga menambahkan pihak kraton sendiri tidak melakukan promosi untuk lebih meningkatkan pariwisata kraton"pihak kraton tidak melakukan promosi,malah orang asing yang mempromosikan obyek wisata kraton," tutupnya.

0 komentar: