Pages - Menu

Selasa, Oktober 13, 2009

KEBUDAYAAN TARIAN PENDET ASAL BALI

Tarian pendet itu adalah sebuah tarian yang pada awalnya merupakan tarian pemujaan yang banyak diperagakan di Pura, tempat ibadah para umat Hindu di Bali. Kali ini saya ingin membahas sejarah tentang tarian pendet, menurut apa yang saya ketahui dan saya lihat dari layanan internet. Tarian ini melambangkan tarian penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia.

Kemudian dengan seiring berjalannya waktu dan perkembangan Zaman kumpulan para seniman di Bali merubah pendet menjadi ucapan selamat datang. Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan tarian upacara, berbeda dengan tarian-tarian pertunjukan yang memerlukan latihan yang intensif. Dan tarian pendet ini bisa atau dapat ditarikan oleh semua orang. Tarian pendet ini memiliki pola gerak yang lebih dinamis dibandingkan dari pada tari rejang yang dibawakan secara berkelompok atau berpasangan.

Namun baru-baru ini tarian asal bali ini yang dikenal tarian pendet di klaim oleh Negara Malaysia yang mengaku bahwa tarian pendet ini adalah tarian yang berasal dari Negaranya. Betapa tidak dibayangkan tarian yang selama ini menjadi tarian kebanggaan bangsa Indonesia dan Warga Bali itu dengan tak terduga ada yang mengaku/mengklaim bahwa tarian ini berasal dari Negara tetangga.

Dan menurut pendapat saya dari sebuah artikel yang saya buat, seharusnya seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia harus kita jaga dan harus kita kembangkan. Karena kebudayaan yang ada saat ini itu pun juga dari Leluhur kita yang sudah menjaga dan mengembangkannya, seharusnya kita bisa mencontoh atau meniru dari Leluhur kita. Karena kebudayaan yang ada saat ini bisa hilang atau di ambil oleh Negara lain yang ingin memiliki kebudayaan yang kita miliki sekarang ini.

Tarian pendet !!! sebagai contoh tarian ini tiba-tiba di klaim oleh Malaysia. Kita memarahi bangsa Malaysia dan kita juga mencaci bangsa Malaysia. Sebagai rasa kekecewaan kita memang boleh dan punya hak untuk marah kepada Malaysia, namun seharusnya kita harus mengintroveksi diri terlebih dahulu kenapa kebudayaan kita bisa diakui atau diambil oleh Malaysia??? Karena kita tidak bisa menjaga dan mengembangkan kebudayaan yang kita miliki saat ini dan kita juga tidak bisa memanfaatkan semua yang sudah di berikan oleh Leluhur kita.

0 komentar: