Pages - Menu

Rabu, Oktober 07, 2009

Tari Pendet Bali-Indonesia

Tari Pendet Bali-Indonesia

Ada ada saja ulah Malaysia. Setelah Malaysia mengklaim lagu Rasa Sayange asli Maluku, Reog asli Ponorogo, Angklung asli Sunda, Rendang dari Minang dan Batik asli Jawa.

Kali ini Tari Pendet yang sudah jelas jelas asli Bali ini juga diklaim milik Malaysia. Pada awalnya Tari Pendet hanya ditampikan di pura saja, tetapi seiring waktu ditampilkan sebagai tarian selamat datang kepada tamu-tamu yang datang ke Bali.

Malaysia mengklaim Tari Pendet ini dalam iklan parawisata Visit Malaysia, terlihat di iklan tersebut juga ada gambar Wayang. Iklan ini bisa dilihat di tv cable Discovery Channel.

Andaikan saja, iklan parawisata Indonesia dibuat secara serius, dan menampilkan tarian asli Indonesia dari masing-masing daerah. Tentunya jika iklan ditampilkan di tv luar negeri secara konstan, maka selain tarian unik dan asli Indonesia dikenal di seluruh dunia, juga jadi ajang promosi yang menarik banyak wisatawan datang ke Indonesia.

Disini peran Pemerintah Indonesia jadi utama, dimana bisa mematenkan seluruh budaya milik Indonesia, juga bisa membuat tindakan cerdas, sehingga tidak perlu mengalami lagi klaim budaya Indonesia oleh Malaysia.

© ulung.com

0 komentar: